Rabu, 05 Januari 2011

TUGAS 6 ( SIM 1 ).

Kesimpulan Tugas 1-5.

Tidak dapat disangkal bahwa salah satu penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Implementasi internet, electronic commerce, electronic data interchange, virtual office, telemedicine, intranet, dan lain sebagainya telah menerobos batas-batas fisik antar negara. Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi. Data atau informasi yang pada jaman dahulu harus memakan waktu berhari-hari untuk diolah sebelum dikirimkan ke sisi lain di dunia.

dimana sangat pentingnya pengendalian sistem informasi,
agar berfungsi secara efektif dan efisien, sebuah business harus mempunyai sistem informasi manajemen yang valid, akurat, lengkap, tepat waktu dan tepat guna. Dengan demikian manajemen, aktor yang menjadi pemegang peranan penting dari keberhasilan sesuatu perusahaan.

dimana sangat bertergantungan satu ama lain antara manusia dengan mesin dalam segala aktifitas baik dalam masalah perusahaan atau lain-lain.yang banyak dimanfaatkan melakukan perdagangan melalui jaringan elektronik.yg di anggap menguntungkan satu sama lainya.

TUGAS 5 ( SIM 1 ).

"E-Commerce"


1. a. Perdagangan melalui jaringan elektronik.


Transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan jaringan internet.Perdagangan melalui jaringan internet juga memudahkan perusahaan-perusahaan yg membutuhkan.

Perdagangan melalui Jaringan Elektronik ada 2 jenis :

  1. Business-to-Customer (B2C)

Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara sebuah perusahaan dengan pemakai akhir dari produk.

  1. Business-to-Business (B2B)

Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir.

1. b. Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik:

Pelayanan pelanggan yang lebih baik

Hubungan dengan pemsok dan masyarakat keuangan yang lebih baik

Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat

1.c. Kendala dari perdagangan melalui jaringan elektronik :

Biaya Tinggi

Masalah Keamanan

Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia

1.d. Jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik.

Mengumpulkan intelijen bisnis

Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS)

2.a. Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik.
  • SISTEM ANTAR ORGANISASI (Interorganizatonal System-IOS).
  • PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK (Electronic Data Interchange – EDI).
  • EXTRANET.
  • TRANSFER DANA secara ELEKTRONIK (Electronic Fund Transfer – EFT).


3.a. Sistem antar organisasi :

Suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal.
Mitra Dagang
atau Mitra Bisnis adalah perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS.

3.b. Manfaat IOS (Intra Organizational system).

Manfaat secara langsung IOS :
  1. Efisiensi komparatif, dapat menyediakan barang dan jasa lebih murah dari pesaing

Efisiensi internal, perbaikan-pebaikan dalam perusahaan

Efisiensi antar-organisasi, perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusaahaan lain

  1. Kekuatan tawar menawar, kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggan yang menguntungkan dirinya. Kekuatan itu berasal dari tiga metode dasar:

Keistimewaan produk yang unik

Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian

Peningkatan biaya peralihan

Manfaat secara tidak langsung IOS :

Mengurangi kesalahan

Mengurangi biaya

Meningkatkan efisiensi operasional

Meningkatkan kemampuan bersaing

Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang

Meningkatkan pelayanan pelangga.


4.a. Pertukaran data elektronik (EDI) :

Adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari computer-ke-komputer diantara beberapa perusahaan.

4.b. Hubungan EDI yang umum.

Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan (customer side)
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.

4.c. Standar EDI.

Standar yang digunakan di Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan EDIFACT.

4.d. Tingkat penerapan EDI.

Tiga tingkat penggunaan yang berbeda, yaitu :
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
- Tekanan Pesaing.
- Kekuasaan yang dilaksanakan.
- Kebutuhan Intern.

4.e. Manfaat EDI.

Manfaat Langsung : manfaat yang berasal dari teknologi
Manfaat Tidak Langsung adalah manfaat lain yang dihasilkan dari manfaat langsung.
Hubungan manfaat langsung dan tidak langsung :
- Mengurangi Kesalahan.
- Mengurangi biaya.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
- Meningkatkan pelayanan pelanggan.

5.a. Teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik.

Pilihan Teknologi :
1. Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi.
2. Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.