Prinsip penerapan E-Banking
Pengertian Internet Banking : terminologi yang digunakan untuk melakukan
 transaksi, pembayaran dan lainnya melalui Internet melalui Bank, credit
 union, atau membangun website aman bersama. Hal ini membiarkan komsumen
 untuk melakukan proses perbankan diluar jam kerja bank dan darimana 
saja dimana akses internet tersedia. Dalam kebanyakan kasus web browser 
digunakan dan koneksi Internet normal tersedia. Biasanya tidak 
diperlukan piranti lunak atau piranti keras special (tambahan).
Internet Banking pada dasarnya merupakan gabungan 2 istilah dasar yaitu 
Internet dan Banking (bank). Internet banking yang juga dikenal dengan 
istilah online banking atau e-banking ini menurut situs wikipedia adalah
 melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet
 dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan.
Bagi sebagian orang, internet banking sangat membantu karena bisa 
melakukan transaksi perbankan di luar jam kerja bank yang sering pendek,
 dengan hanya membutuhkan koneksi internet dan web browser seperti 
Internet Explorer.
Kehadiran internet banking membuat perubahan besar dalam layanan 
perbankan. Segala jenis transaksi yang dulu manual kini bisa 
diselesaikan tanpa mengenal ruang dan waktu lewat dunia maya. Ada yang 
bilang, fasilitas internet banking membuat nasabah seperti punya ATM 
pribadi. Segala jenis layanan perbankan bisa dilakukan sendiri seperti 
cek saldo, melihat daftar mutasi, pemindah bukuan (transfer rekening), 
melakukan pembayaran kartu kredit, tagihan telepon dan HP, listrik, PAM 
dan sebagainya kecuali yang langsung melibatkan uang tunai seperti 
penyetoran dan penarikan.
Aplikasi teknologi informasi dalam internet banking akan meningkatkan 
efisiensi, efektifitas, dan produktifitas sekaligus meningkatkan 
pendapatan melalui sistem penjualan yang jauh lebih efektif daripada 
bank konvensional.Tanpa adanya aplikasi teknologi informasi dalam 
internet banking, maka internet banking tidak akan jalan dan 
dimanfaatkan oleh industri perbankan.Secara umum, dalam penyediaan 
layanan internet banking, bank memberikan informasi mengenai produk dan 
jasanya via portal di internet, memberikan akses kepada para nasabah 
untuk bertransaksi dan meng-update data pribadinya.
Persayaratan bisnis dari Internet Banking antara lain:
·         aplikasi mudah digunakan
·         layanan dapat dijangkau dari mana saja
·         murah
·         aman
·         dan dapat diandalkan(reliable)
Di Indonesia, internet banking telah diperkenalkan pada konsumen 
perbankan sejak beberapa tahun lalu. Beberapa bank besar baik BUMN atau 
swasta Indonesia yang menyediakan layanan tersebut antara lain BCA, Bank
 Mandiri, BNI, BII, Lippo Bank, Permata Bank dan sebagainya.
Dengan adanya internet banking, memberikan keuntungan antara lain:
1.Business expansion.
Dahulu sebuah bank harus memiliki sebuah kantor cabang untuk beroperasi 
di tempat tertentu. Kemudian hal ini dipermudah dengan hanya meletakkan 
mesin ATM sehingga dia dapat hadir di tempat tersebut. Kemudian ada 
phone banking yang mulai menghilangkan batas fisik dimana nasabah dapat 
menggunakan telepon untuk melakukan aktivitas perbankannya. Sekarang ada
 internet banking yang lebih mempermudah lagi karena menghilangkan batas
 ruang dan waktu.
2.Customer loyality.
Khususnya nasabah yang sering bergerak (mobile), akan merasa lebih 
nyaman untuk melakukan aktivitas perbankannya tanpa harus membuka 
account di bank yang berbeda-beda di berbagai tempat.Dia dapat 
menggunakan satu bank saja.
3.Revenue and cost improvement.
Biaya untuk memberikan layanan perbankan melalui Internet Banking dapat 
lebih murah daripada membuka kantor cabang atau membuat mesin ATM.
4.Competitive advantage.
Bank yang memiliki internet banking akan memiliki keuntungan 
dibandingkan dengan bank yang tidak memiliki internet banking. Dalam 
waktu dekat, orang tidak ingin membuka account di bank yang tidak 
memiliki fasilitas Internet Banking.
5.New business model.
Internet Banking memungkinan adanya bisnis model yang baru. Layanan perbankan baru dapat diluncurkan melalui web dengan cepat
Prinsip penerapan M-Banking
Mobile banking merupakan aplikasi banking yang berbasis Short Message 
Service (SMS) untuk melakukan transaksi perbankan. Tujuan dari mobile 
banking adalah untuk memudahkan nasabah perbankan dalam melakukan 
transaksi dimanapun mereka berada, kapanpun waktunya dan dalam keadaan 
apapun. Teknologi komunikasi yang diterapkan menggunakan jaringan 
radio(wireless)seperti GSM, CDMA, atau TDMA dan jaringan lokal bank 
dengan protocol TCP/IP
Pada dasarnya SMS merupakan pesan tertulis yang dapat diterima dan 
dikirim ke pengguna handphone. Dengan adanya kerjasama antara bank dan 
operator selular serta Nasabah maka transaksi dapat dilakukan dengan 
mudah dan dimana saja yang disebut dengan aplikasi Mobile Banking. Bila 
seseorang melakukan transaksi maka bank akan membuat konfirmasi bahwa 
pada jam, hari, tanggal, tahun telah terjadi transaksi.Bila nasabah 
tidak merasa melakukan transaksi maka berhak membatalkan transaksi 
tersebut.
sumber : http://www.microbanking-online.com/sms.php 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar