Selasa, 13 April 2010

Tugas 5

1. Apa yang anda ketahui tentang Konflik jelaskan pendapat saudara?

konflik menurut saya adalah konflik dapat diartikan sebagai suatu proses antara dua orang atau lebih ( kelompok) dimana salah satu dari dua orang atau lebih berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

2. Apa penyebab konflik diantara kelompok itu?jelaskan.

*Perbedaan individu, yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan.
bahwa dapat diartikan menurut saya : setiap manusia mempunyai sifat dan pendapat yang berbeda sehingga dapat memicu konflik antar kelompok.dapat kita ambil contoh apabila kita dalam suatu demo di jakarta banyak orang yang merasa pro dan kontra akibat perbedaan pendapat,,apabila ada salah satu dari orang yang tidak terima akan keputusan atau hak bicara dari seseorang sehingga dapat memicu perselisihan.

*Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda.

di negara kita banyak kebudayaan yang tersebar dan hampir disetiap kebudayaan punya tata krama dan adat yang berbeda-beda,,sehingga apbila dia bersetinggung dengan kebuadayaan lain,,bisa memicu terjadinya konflik.

*Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok.

bagaimana kalau kita tergabung dalam kelompok di luar sana contoh saja kelompok sepak bola atau biasa disebut supertor,,sering terjadi konflik,,sebut saja kelompok the jak dan viking,,
*

Perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat.


Perubahan adalah sesuatu yang lazim dan wajar terjadi, tetapi jika perubahan itu berlangsung cepat atau bahkan mendadak, perubahan tersebut dapat memicu terjadinya konflik sosial

3. mengapa orang berpendapat bahwa pertentangan kelompok itu bersifat negative.jelaskan?

iya,,mengapa karena setiap orang bebas untuk memilih hak'a untuk berpendapat,,apabila dia terkumpul dari suatu organisasi yang menurut dia baik tapi untuk kita tidak bagaimana kita harus mempunyai kesadaran bahwa setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda jadi alangkah lebih baik kita bisa terima semua aspirasi dari seorang dengan lapang dada..pabila sudah bersifat anarki maka secara garis besar sifat yang sudah bersifat anarki dapat menggangu dan merusak tatanan lingkungan dan menggangu ketertiban masyarakat...


4. menurut jenis nya konflik ada 4 yaitu: personal role conflict, inier role conflict, intersender conflict, berikan masing-masing contohnya sesuai dengan konflik yang pernah anda alami atau yang pernah anda liat ?

- Personal role conflict : Pada situasi ini dua atau lebih peran bertabrakan. Misalnya, dalam kasus seorang ayah yang adalah pelatih tim sepak bola putranya. ayah dari anak itu mengambil keduaperan sebagai ayah dari anak-anak dan sebagai pelatih dalam club sepak bola. Jika anak itu membuat permainan yang buruk dalam bermainan, maka sang ayah akan cenderung untuk mendukung dan kenyamanan bagi anaknya dalam sebagai anak dan ayah juga sebagai pelatih dan pemain. contoh ini merupakan konflik peran mana dua peran dalam mengatur peran seorang anak tidak dapat bekerja sama dalam situasi sosial tertentu.
- Inter role conflict : saya pernah melihat persoalan timbul karena satu orang menjabat dua atau lebih fungsi yang saling bertentangan.

- Intersender Conflict : seorang anak muda yang berhadapan dengan harapan organisasi yang dia ikuti didalamnya yang tidak konsisten dan tidak sesuai dengan apa yang ia inginkan.

- Intrasender Conflict : pelatih dan pemain dalam sepak bola yang menduduki pekerjaan di dua struktur. Akibatnya, jika saang pelatih dan pemain memiliki tujuan yang tidak sama sebagai pelatih dan pemain untuk melakukan pekerjaan yang tidak sama, akan berdampak kepada cara dia bermain sebagai pemain dan melatih sebagai pelatih, terutama jika mereka harus memilih salah satu alternative.

5. mengapa hidup ini harus ada konflik ?jelaskan pendapat saudara ?

menurut pendapat saya bagaimana hidup harus ada konflik itu terjadi karena setiap manusia mempunyai pemikiran budaya dan cara-cara masing-masing,bagaimana kita bisa mengambil dari sisi positif dari konflik yang terjadi dimasyarakat untuk bisa mengambil keputusan didalam konflik itu,dan dapat menerima apa yang menjadi perbedaan dalam setiap linkungan ,pemikiran,dan budaya masing-masing,dan karena kita diciptakan sebagai manusia mempunyai pemikiran yang berbeda-beda,agar tidaktimbul salah paham bdan terciptanya konflik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar